Sunday, February 22, 2009

USA Berubah ?

beuh, kaya yang betul judulnya..Ya, United States (USA) atau Amerika Serikat berubah gitu? apanya yang berubah?kenapa ko berubah? Santai dong, hehehe... Jadi ceritanya setelah mengamati secara tidak langsung dan dengan mode sok tau trus di renungkan dengan seksama ternyata sudah ada perubahan-perubahan yang lumayan signifikan di Amerika Serikat, baik dari segi pemerintahan ataupun dari segi perekonomiannya. Walaupun memang baru terlihat sedikit, tetapi mudah-mudahan langkah awal perubahan mereka bisa berkelanjutan.
Apa sih sebenernya yang terlihat sekali mereka berubah? dan perubahannya ke arah mana? Yang pertama dan ini sebenarnya sangat baik dan bisa dijadikan contoh oleh Indonesia yaitu ketika mereka mengalami krisis yang berkepanjangan. Perubahan yang terjadi adalah pada sisi politiknya, biasanya apabila partai republik yang memenangkan pemilu atau yang menjadi presidennya maka kebijakan-kebijakannya akan mengarah pada isu-isu keamanan dan sebaliknya apabila partai demokrat yang memenangkan pemilu atau yang jadi presidennya maka kebijakan-kebijakannya biasanya akan mengarah pada isu-isu HAM. Namun ketika terjadi krisis, mereka melebur menjadi satu untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Mitos-mitos seperti diatas diruntuhkan dan lebih mengedepankan etos untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Selain perubahan tersebut, fakta lain juga yang terlihat adalah dari kedatangannya Hillary Clinton ke Indonesia yang sama sekali tidak ada unsur politik untuk mementingkan Amerika baik dalam hal bisnis atau yang lainnya. Ini bisa dilihat dari kunjungannya ke Toilet umum, ke RCTI menghadiri acara Dahsyat dan ke sekolah-sekolah. Untuk sekelas Menlu negara super adidaya seperti Amerika Serikat datang ke tempat seperti Toilet umum memang sangat mengherankan, tetapi mungkin ini lah langkah awal perubahan mereka yang menurut saya sangat dramatikal dan fenomenal. Jadi, mudah-mudahan kedepannya fungsi Amerika Serikat bisa berubah juga dari polisi dunia menjadi pengayom dunia. Sehingga perpecahan dunia juga bisa di redam dan terjadinya perdamain dunia yang kita impikan bisa tercapai. Amiin.

No comments:

Post a Comment