Monday, January 19, 2009

Ekonomi Kontemporer

Gaya lah judulnya....
Nyantai aja, ini hanya tulisan ringan ko. Siapin aja dulu kopi sama cemilan dan pastinya rokok (buat smoker) sebelum membacanya (PD amat, emangnya bakalan ada yang baca?). OK langsung aja, pada pembahasannya lah biar ga terlalu bertele-tele lagi.
Yang pertama akan dibahas tentu saja pengertian dari ekonomi itu sendiri, tapi saya yakin pengertian ekonomi sudah pada tau jadi ga usah banyak-banyak yah, contoh aja satu sebagai berikut :
"Ekonomi adalah sistem aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Kata "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. Ilmu yang mempelajari ekonomi disebut sebagai ilmu ekonomi. Ekonomi sendiri secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu mikro dan makro ekonomi (Ini akan dibahas di posting berikutnya)".
kemudian, apa itu Ekonomi Kontemporer ? Sebenernya ga ada yang beda dengan pengertian ekonomi secara umum. untuk lebih jelasnya silahkan baca sampai beres.



Jadi, Letak perbedaannya hanya pada pendekatannya saja. Pada ekonomi kontemporer ini tidak lagi mengenal prinsip ekonomi yang dulu sempat booming yaitu "Dengan modal yang sekecil-kecilnya mengasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya". Kenapa yah? Kenapa coba? Hayo Kenapa?
Jadi begini, pada perkembangannya ekonomi itu sekarang sudah berada pada New Economics, yaitu setelah tahun 2000. Sebelum Tahun 2000 masih old economics, dan ini juga terbagi lagi dalam dua era, yaitu :
* Era Ekonomi Klasik
Dalam era ekonomi klasik ini, pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan normatif, sehingga yang dilakukannya juga dalam jangka waktu yang pendek.
* Era Modern
Dalam era modern sebenernya masih sama aja (Karena termasuk old economics juga), perbedaannya pendekatannya sudah menggunakan pendekatan program. sehingga sudah bisa pada jangka menengah dalam melakukan perencanaannya.

Nah untuk New Economic dalam hal ini adalah ekonomi kontemporer (Setelah tahun 2000) pendekatannya bukan lagi pada pendekatan normatif dan program, tapi sudah pada strategi. Sehingga jangka waktunya juga jangka panjang. Jadi urutannya mulai dari persepsi, Visi, Misi, Tujuan / Sasaran, Strategi dan program. Sehingga pemaknaan dari ini adalah :
* Holistik (Menyeluruh)
* Komprehensif, dan
* Integratif
Dari ketiga hal tersebut maka akan melahirkan konsep dan kinerja bersama. Selain itu, dalam pendekatan strategi ini harus ada berbagai alternatif dengan berbagai asumsi masing-masing. Ketika strategi ini dijabarkan pada program, maka akan mendapatkan optimalisasi fungsi tujuan. dan akhirnya, strategi akan diterapkan pada fungsi manajemen yang pada akhirnya akan melahirkan Competitive Advantage dan Sustainable.

No comments:

Post a Comment