Saturday, January 31, 2009

Penelitian Ilmiah Masa Kini

Ya betul..ini penelitian ilmiah masa kini, tepatnya adalah metode penelitian masa kini. Selama ini kan kita mengenal metode penelitian itu terdiri dari penelitian kualitatif, kuantitatif dan penelitian pengembangan model, nah yang terakhir ini sangat jarang sekali dilakukan terutama di bidang ilmu sosial seperti ekonomi dan manajemen, karena mungkin di teknik terutama informatika mungkin (Sekali lagi mungkin) ada dan banyak yang melakukan penelitian pengembangan model ini. Karena saya sendiri mengalaminya, di bidang manajemen memang ini sulit (tepatnya saya malas) untuk melakukan penelitian pengembangan model ini. Karena selain membutuhkan waktu yang lama otak saya ga nyampe untuk melakukan penelitian pengembangan model ini hehehehe...
Terus metode penelitian seperti apa yang dimaksud penelitian ilmiah masa kini seperti yang tertulis di judul ini?Mohon maaf apabila anda membaca tulisan ini karena tertarik oleh judulnya, itu hanyalah hiperbola saya aja, tapi ini ga salah karena saya mengacu pada kata "masa kini" yang sering di identikkan dengan cepat dan instan. Tapi kalau sudah terlanjur membacanya, ya sudah lah..Saya mohon ke ikhlasannya untuk meneruskan bacanya sampai beres, karena mungkin ada manfaatnya terutama bagi yang sedang melakukan penelitian baik itu skripsi, thesis maupun desertasi. Baiklah, saya sarankan untuk membacanya sampai selesai. Selain karena ini fenomena yang lagi marak terjadi dan juga mudah-mudahan saja mendapatkan inspirasi dari sini.

Jadi begini, saya katakan tadi bahwa di sini saya mengacu pada kata "masa kini" yang memang sering diartikan seba cepat dan instan. Bagaimana metode penelitiannya? Sebenernya sudah ada di metode penelitian lama yaitu kuantitaif, kualitatif atau pengembangan model tapi ada beberapa perbedaan disini. Pertama tinggal minta di buatin aja sama ahlinya, karena kan sekarang banyak banget bertebaran konsultan pembuatan skripsi, thesis maupun desertasi. Terus kalau mahal gimana?ada solusi lain? Kabar baik untuk Anda, yaitu ADA.
Bagaimana caranya? Baiklah, disini saya akan membagi bentuk penelitian yaitu dengan academic research dan policy research (ya ini mah menurut saya aja pengikut aliran filsafat kabayan). Sebelumnya kita bagi juga para penelitinya, biasanya kan ada mahasiswa yang idealis yang pengennya serba sempurna dan benar-benar dilakukan penelitiannya (ini lah yang saya maksud academic research, yaitu penelitian yang bener2 akademik atau ilmiah dan dilakukan di akademik oleh akademisi), hasilnya bagaimana? Tentu saja memuaskan, jangan heran juga kalau direktur atau manager perusahaan tempat penelitian temen-temen datang dan menongkrongi ketika temen-temen sidang. Karena memang menarik untuk di simak dan demi kemajuan perusahaannya, selain itu ya sudah jelas hasilnya juga adalah KEBENARAN baik dari sisi materi yang dibawakan, objek penelitian dan juga hasil penelitiannya. Lalu apa bedanya dengan Policy Research? Ini adalah yang paling banyak dilakukan (setidaknya menurut pengamatan saya, tapi memang tidak didukung dengan data statistik yang valid untuk membuktikannya) oleh Mahasiswa dan termasuk segelintir dosen bahkan Guru Besar (Profesor), karena minggu kemarin saya baca di koran Pikiran Rakyat terjadi penelitian fiktif yang dilakukan oleh Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Ternama di Bandung, dan sekarang mereka di pindah rumahkan ke LP hehehhe....Bagaimana penelitian ini dilakukan? Relatif lebih gampang, karena perbedaannya dengan Academic Research adalah begini :
1. Academic Research mendapatkan data dengan terjun langsung ke lapangan supaya bisa mendapatkan data yang asli dan sebenar-benarnya, dan Policy Research dengan mengarang indah.
2. Academic Research mengolah data misalkan dengan Statistik dan Policy Research dengan Statis-TRIK, yaitu dengan trik-trik statistik supaya data bisa normal, valid dan reliable.
3. Academic Research waktu pengerjaannya relatif lama dan Policy Research pengerjaan bisa jauh lebih cepat.
4. Academic Research hasilnya KEBENARAN dan Policy Research hasilnya PEMBENARAN.

Mungkin masih banyak perbedaan lainnya, tapi cukup lah itu untuk membedakannya. Jadi sekarang sudah jelas kan perbedaannya? Dan ini lah yang disebut penelitian masa kini, yang sangat cepat dan instan hehehhe...Kapan metode penelitian ini dilakukan?Ketika kita ingin idealis ya lakukan lah Academic Research, tapi ketika kita punya prinsip yang penting kuliah beres dan cepet lulus ya gunakan Policy Research, Pilih yang mana yah???
Tapi begini, bukannya saya memberi tahu cara yang tidak baik, itu kan cuman saran aja yah, yang paling penting kan bagaimana kita bisa mempertanggung jawab kan ilmu yang telah kita dapat, itu saja. Tapi yang lebih penting lagi (Menurut saya ini paling penting) kita harus tetap memegang teguh prinsip akademisi, yaitu "Boleh Salah Tapi Tidak Boleh Bohong", jangan sebaliknya yaitu prinsipnya politikus (Yang ujung-ujungnya jadi tikus-tikus politik) yaitu "Boleh Bohong Tapi Tidak Boleh Salah". Yaaaa termasuk juga pengusaha yah menurut saya, karena pengusaha sendiri sebenarnya kalau diamati ya tidak jauh berbeda dengan politikus, yaitu sama-sama ingin jadi penguasa hehehhee... Maaf cuma bercanda, ini cuma anekdot aja lah jangan dianggap serius hehehe...Dah ah, takut tambah ngaco.

No comments:

Post a Comment