Sunday, January 25, 2009

MSDM

Nah, kalau yang ini pasti lebih banyak yang tau. Tapi biarin lah, seperti biasa biar gwa ga lupa aja sekalian biar bisa sharing sama master-masternya hihihihi kali aja blog gwa dikunjungi sama para maestro di bidangnya. Jadi apa itu SDM? Yang pasti bukan Selametin Diri Masing-masing yah hehehehe...itu mah para koruptor Indonesia yang udah ketauan sama KPK khakhakhakah...
Jadi apa itu SDM? yang rada panjang yah pengertiannya biar keliatan keren :D
"Manajemen Sumber Daya Manusia adalah serangkaian keputusan untuk mengelola hubungan ketenaga kerjaan (calon pegawai, pegawai dan pensiunan) secara optimal mulai dari rekruitmen, seleksi, penempatan, pemeliharaan (kompensasi dan kesejahteraan) serta pengembangan (karir, pendidikan dan pelatihan) serta terminasi, untuk mencapai tujuan organisasi (memelihara dan meningkatkan performansi)".

ya benar, mulai dari calon pegawai sampai pensiunan, benar juga mulai dari rekruitmen sampai terminasi. Jadi memang salah juga perusahaan yang hanya mengurus karyawannya sampai penempatan dan ngasi kompensasi doang. Tapi itu memang masalah utama MSDM, kurang dapat terukur dan juga sulit untuk dapat objektif.
Fokus perhatian dari MSDM ini adalah hubungan antar manusia, hubungan antar kelompok dan hubungan antar organisasi serta lingkungan yang berpengaruh terhadap tenaga kerja. Kemudian apa yang terjadi pada SDM di Indonesia sehingga saya harus membahasnya? inilah faktanya :
1. Daya saing bangsa urutan ke 55 dari 55 negara berkembang
2. Daya saing sumber daya manusia urutan 48 dari 49 negara berkembang
3. Human Depelovment Index (HDI) urutan 112 dari 117 negara
4. Tingkat produktivitas urutan terendah ke 2 di Asia setelah Bangladesh
5. KKN urutan ke 2 di dunia
6. Daya tarik Investasi urutan terakhir di Asean
7. Daya saing bisnis global urutan 73 dari 177 negara.
(Sumber : World Economic Forum, United Nation Development Program, General Competitive Report).
Ya, itu lah faktanya sodara-sodara... Lalu bagaimana kah perkembangan SDM di Indonesia? Sudahkah sejalan dengan perkembangan Manajemen Sumber Daya Manusia? Kita lihat perkembangan MSDM :
1. Generasi Pertama (1800-1940an) : Manajemen Pra Personalia
Manusia masih dilihat sebagai faktor produksi, sebagai manusia mesin. Owner Manager pemilik sekaligus pengelola, Pengelolaan SDM masih terpuruk.
2. Generasi kedua (1945-1960an) : Manajemen Personalia
Manusia dianggap sebagai mesin yang mempunyai perasaan, munculnya serikat pekerja dan adanya analisis jabatan, serta adanya pengelolaan SDM yang lebih baik.
3. Generasi ketiga (1965-1970an) : HRM atau Manajemen Sumber Daya Manusia
Manusia sebagai subjek dengan dimulainya pengenalan manajemen sumber daya manusia. Serta Motivasi dan Perilaku kerja merupakan isu penting.
4. Generasi keempat (1975-1999) : Strategi MSDM
Mulai diterapkannya pola strategis dalam mengelola manusia, perkembangan perusahaan tergantung pada daya saing SDM nya, serta manusia sudah dianggap sebagai aset perusahaan.
5. Generasi kelima (2000 - sekarang) : Brainware Management (Manajemen Perangkat Otak)
Adanya kesatuan antara Brain, Mind, Body secara menyeluruh, perubahan dari bentuk pelatihan menjadi pendidikan, serta manusia dianggap sebagai Human Capital Invesment.

Itu lah perkembangan MSDM sampai sekarang, jadi sudah ada di generasi kelima yaitu Brainware Mangement dan manusia sudah dianggap investasi. Nah, saya sendiri tidak tahu sekarang Indonesia sudah sampai mana yang pasti belum nyampe sih ke Brainware Management mah. Yah...kita lihat aja.

No comments:

Post a Comment