Monday, January 19, 2009

Manajemen Pemasaran

Mungkin pembahasan ini sudah banyak yang nunggu yah (Kepedean Gwa)...
Perlu prolog lagi ga? Perasaan dah pada tahu yah pengertian dari manajemen pemasaran, mungkin ini salah satu pengertian yang terbaru dari ama (American Marketing Association) yang terdapat juga pada bukunya Phillip Kotler "Marketing Management 12th Edition" :
"Marketing is an organization function and a set of process for creating, communicating and delivering value to customers and for managing customer relationship in ways that benefit the organization and its stakeholders".
bisa dimengerti maksudnya? oke saya translate dulu deh hehe...
jadi katanya pemasaran adalah salah satu fungsi organisasi yang mempunyai tugas untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan menyampaikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengatur hubungan dengan pelanggan yang bertujuan untuk memberikan keuntungan organisasi dan para stakholder (Semua pihak yang terkait). itu kira-kira terjemahannya, masih belum jelas lagi? Baiklah saya akan jelaskan lagi pengertian diatas, baca semuanya yah... Jangan lupa kasi comment.


Jadi begini, diatas dikatakan bahwa pemasaran adalah salah satu dari fungsi organisasi, yang berarti bahwa pemasaran adalah bagian dari organisasi baik laba maupun nirlaba, karena organisasi laba atau nirlaba pasti ada bagian pemasaran di dalamnya. Masih ingat kan fungsi-fungsi organisasi? Ya, yang saya maksud adalah fungsi atau bagian-bagian dari organisasi yaitu SDM, Pemasaran, Operasi atau produksi dan keuangan serta fungsi pendukung lainnya. Kemudian diterangkan juga bahwa tugasnya adalah menciptakan, mengkomunikasikan dan menyampaikan nilai dari produk. Mungkin ini sudah jelas yah, karena memang yang disampaikan oleh marketing adalah nilai dari produknya (Karena barang yang ga punya nilai ya sampah). Kemudian sudah pasti yah menjaga hubungannya juga dengan para pelanggan, hal ini dikarenakan mencari pelanggan baru jauh lebih sulit dan lebih mahal dari pada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Serta yang terakhir adalah memberikan keuntungan yang berkelanjutan bagi organisasi dan para stakeholder, hal ini saya rasa sudah begitu jelas yah karena semua organisasi juga membutuhkan penghasilan untuk bisa mempertahankan organisasinya itu sendiri.
Untuk lebih jelas mengenai semuanya, saya sarankan untuk bisa membaca buku wajib di kampus manapun yaitu "Marketing Management" karangan Phillip Kotler, karena selain pembahasannya tuntas dan jelas, sudah banyak edisi yang ada terjemahan bahasa indonesianya, terakhir kalau ga salah yang ada terjemahannya itu edisi ke 12. Disana dibahas komplit dari A ke Z mengenai pemasaran, mulai dari Pengertian, Marketing Mix, STP, lingkungan, sampai pada internet marketingnya. Jadi untuk membuka wawasan mengenai manajemen pemasaran, buku ini sangat disarankan sekali, terutama disarankan oleh saya :D .
Oke, mungkin itu dulu penjelasannya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai marketing akan saya bahas satu-persatu nanti ke depannya. Ini saya hanya membuka aja biar nanti tinggal di masuk-masukkin di kategorinya masing-masing.

No comments:

Post a Comment