Wednesday, January 21, 2009

Metode Penelitian Bisnis

Salah satu buku favorit saya...
kenapa? ya karena saya sering sekali melakukan penelitian terutama penilitian ilmiah (Skripsi, Thesis maupun Disertasi). Karena pada dasarnya, melakukan penelitian ilmiah hampir sama dengan penelitian bisnis. Pada cetakan keduanya, buku ini mengemukakan metode penelitian yang lebih lengkap yaitu metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Research and Development). Dengan difahaminya ketiga metode penelitian tersebut, maka dapat dipilih metode mana yang tepat atau sesuai dengan penelitian yang akan kita lakukan.
Ini adalah buku lainnya karangan dari Prof. Dr. Sugiyono setelah sebelumnya saya mengulas buku beliau yang berjudul "Statistika Untuk Penelitian" yang lebih menitik beratkan pada penelitian kuantitatif yaitu pengolahan data statistiknya.


Sedangkan pada buku "Metode Penelitian Bisnis" ini, beliau lebih menitik beratkan pada penjelasan mengenai metode penelitiannya. Seperti penggabungan antara metode kualitatif dengan metode kuantitatif apakah bisa dilakukan? Kesimpulan untuk jawaban ini adalah bahwa metode kualitatif dan kuantitatif tidak akan pernah dipakai bersama-sama, karena ke dua metode tersebut memiliki paradigma berbeda dan perbedaannya bersifat mutually exclusive, sehingga dalam penelitian hanya dapat memilih salah satu metode saja.
Selain itu, penulisnya juga menjelaskan satu-persatu dari metode penelitian yang ada yaitu penelitian kualitatif, kuantitatif dan juga metode penelitian R&D. Harapannya bahwa pembaca dapat dengan mudah untuk memahami ketiga metode tersebut, sehingga dapat memilih metode penelitian yang paling cocok digunakan untuk penelitian bidang bisnis.
Begitulah kira-kira penjelasan saya mengenai buku "Metode Penelitian Bisnis" karangan Prof. Dr. Sugiyono ini. Untuk lebih jelasnya silahkan baca secara lengkapnya saja di bukunya tentunya yah.

No comments:

Post a Comment