Saturday, January 17, 2009

Filsafat Ilmu

Wah aga berat nih bahasannya, mudah-mudahan ga yah..
Sudah imagenya kali yah kalau filusuf (Panggilan para pemikir terutama Filsafat) itu dikatakan tahu segala hal, dalam hal ini saya ga berani menyanggah dan juga membenarkan karena memang filsafat adalah ibunya dari segala ilmu, tapi itu juga bisa dikatakan dulu karena sekarang filsafat juga sudah mulai mengerucut, contohnya Filsafat ekonomi, Filsafat Agama, Filsafat politik dll. Hal ini dikarenakan perkembangan yang semakin pesat diberbagai bidang ilmu yang ada trus pergeseran paradigma aja, yang tadinya Superman (Manusia Super yang tau sgala hal) menjadi Super Team (Berdasarkan kompetensi masing-masing).
Baiklah, saya akan sedikit me-review aja, bahwa istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani : "Philosophia". Seiring perkembangan jaman akhirnya dikenal juga dalam bahasa, seperti : "Philosophic" dalam kebudayaan bangsa jerman, Belanda dan Perancis; "Philosophy" dalam bahasa Inggris; "Philosophia" dalam bahasa latin; dan "Falsafah" dalam bahasa Arab. Silahkan baca kelanjutannya untuk lebih jelas.



Selanjutnya batasan filsafat dapat ditinjau dari dua segi yaitu secara etimologi dan secara terminologi. Secara etimologi, istilah filsafat berasal dari bahasa arab yaitu "Falsafah" atau juga dari bahasa Yunani yaitu "Philosophia - Philien : cinta dan sophia : kebijaksanaan. Jadi bisa dipahami bahwa filsafat berarti cinta kebijaksanaan. dan seorang Filusuf adalah pencari kebijaksanaan, pecinta kebijaksanaan dalam arti yang hakiki.
Pengertian Filsafat secara terminologi sangat beragam. Para Filusuf merumuskan pengertian filsafat sesuai dengan kecenderungan pemikiran kefilsafatan yang dimilikinya. Seperti Plato mengatakan bahwa : Filsafat tidak lain dari pengetahuan tentang segala yang ada. Sedangkan muridnya Aristoteles mengatakan bahwa : Filsafat adalah ilmu (pengetahuan) yang meliputi kebenaran yang terkandung didalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika.
Sedangkan Objek Filsafat ada dua, yaitu objek Mataria dan Objek Forma. Objek Materia adalah hampir mirip dengan objek materia sains. Sains memiliki objek materia yang empiris; Filsafat menyelidiki objek itu juga, tetapi bukan bagian yang empiris melainkan bagian yang abstrak. Sedang Objek Forma adalah filsafat tiada lain ialah mencari keterangan sedalam-dalamnya tentang objek materia filsafat (yakni segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada).
Filsafat Ilmu merupakan salah satu cabang dari ilmu filsafat. Oleh karena itu, fungsi filsafat ilmu kiranya tidak dapat dilepas dari fungsi filsafat secara keseluruhan, yakni :
* Sebagai alat mencari kebenaran dari segala fenomena yang ada.
* Mempertahankan, menunjang dan melawan atau berdiri netral terhadap pandangan filsafat
lainnya.
* Memberikan pengertian tentang cara hidup, pandangan hidup dan pandangan dunia.
* Memberikan ajaran tentang moral dan etika yang berguna dalam kehidupan.
* Menjadi sumber inspirasi dan pedoman untuk kehidupan dalam berbagai aspek kehidupan
itu sendiri, seperti ekonomi, politik, hukum dan sebagainya. (Agraha Suhandi, 1989).
Banyak sekali para Filusuf di Indonesia yang memberikan pandangan-pandangan filsafatnya seperti Hamka, Djalaludin Rahmat, Ismaun, Didi Turmudzi (Saya sendiri sampe bingung mau ngasi rekomendasi buku yang mana). Tapi saya putuskan untuk ngasi rekomendasi karangan Prof. Jujun (dibaca : Yuyun) karena sangat menarik pandangan-pandangannya, seperti pandangannya terhadap konteks manusia dalam pengetahuan, dia bagi menjadi 4 :
1. Tahu di Tahunya Maksudnya adalah ini bisa dikatakan orang alim dalam bahasa islam.
2. Tahu di Tidak Tahunya maksudnya adalah ya tahu diri.
3. Tidak Tahu di Tahunya maksudnya ya sok tau, lo tu ye (klo kata /rif hehe)
4. Tidak tahu di Tidak tahunya maksudnya ya tak lain dan tak bukan adalah bodo katotoloyo
hehehe...kalo kata orang sunda mah "Rupa belegug tapi Bodo" wekekekeke....
Oke deh, dari pada tambah ngaco Soalnya yang gw pake adalah "Filsafat Kabayan" jadi takut tambah ngaco. segitu dulu aja... jangan lupa comment nya.. :P

No comments:

Post a Comment