Saturday, January 24, 2009

Epistimologi

Nah lo...Apa lagi nih? Lagi-lagi juga gw baru belajar tentang ini. Dan lagi-lagi juga gw nulis di postingan biar ga lupa hehehhe...jadi kan klo lupa tinggal buka blog gw aja, terus kalau di tulis kaya gini ya mudah-mudahan nempel di gw nya juga lebih lama lagi hehehehe...
Jadi apa Epistimologi ini?? yang pasti sih masih dalam lingkup bahasan filsafat...ya dari hasil belajar seminggu kemarin (walaupun bingung ga ngerti-ngerti) dapat gwa ambil kesimpulannya kalau Epistimologi pada intinya membicarakan tentang sumber pengetahuan dan bagaimana cara memperoleh pengetahuan. Berasal dari kata Yunani yaitu episteme, artinya pengetahuan atau ilmu pengetahuan, dan logos artinya juga pengetahuan atau informasi. Jadi dapat dikatakan epistimologi artinya pengetahuan tentang pengetahuan atau adakalanya juga disebut "teori pengetahuan" atau juga adakalanya disebut filsafat pengetahuan. Atau ada juga yang menyebutkan asal-usul, anggapan dasar, tabiat, rentang, kecermatan dll lah.

Ada beberapa aliran yang berbicara tentang Epistimologi, diantaranya dan yang paling populer serta mengalami perdebatan sengit terus-menerus adalah empirisme dan rasionalisme.

Empirisme
Menurut aliran ini bahwa manusia memperoleh pengetahuan melalui pengalaman indranya. Bapak aliran ini adalah John Lock (1632-1704) dengan teorinya "tabula rasa" yang artinya secara bahasa adalah meja lilin. Kelemahan aliran ini adalah sangat banyak :
1. Indera terbatas ; Benda yang jauh kelihatan kecil.
2. Indera menipu ; Orang yang sedang sakit malaria, gula rasanya pahit apa lagi paria dah pasti pahit lah itu mah khakhakahkahkaha.
3. Terkadang objek yang menipu, seperti ilusi dan patamorgana.
4. Kekurangan terdapat pada indera dan objek sekaligus; indera (dalam hal ini mata) tidak bisa melihat kerbau secara keseluruhan, begitu juga kerbau tidak bisa dilihat secara keseluruhan.

Rasionalisme
Secara singkat aliran ini menyatakan bahwa akal adalah dasar kepastian pengetahuan. Pengetahuan yang benar hanya dapat diperoleh dan diukur dengan akal. Manusia, menuruta aliran ini memperoleh pengetahuan melalui kegiatan akal menangkap objek. Bapak aliran ini (biasanya) orang mengatakan Rene Descartes (1596-1650), meskipun paham in ijauh sudah ada sebelumnya (Pada masa Yunani kuno). Bagi aliran ini, kekeliruan pada aliran empirisem yang disebabkan kelemahan oleh alat indera tadi, dapat dikoreksi seandainya akal digunakan. Kendati demikian aliran ini tidak mengingkari kegunaan alat indera dalam memperoleh pengetahuan. Pengalaman indera diperlukan untuk merangsang akal dan memberikan bahan-bahan yang menyebabkan akal dapat bekerja. Laporan indera merupakan bahan yang belum jelas dan kacau. Kemudian bahan tadi dipertimbangkan oleh akal dalam pengalamannya berpikir. Selain dua aliran tadi, kemudian ada satu aliran lagi yang sama-sama populer. Ahmad Tafsir dan Endang Saefuddin Anshari menyebutnya Intuisionisme.

Aliran ini menganggap tidak hanya indera yang terbatas, akal juga terbatas. Objek yang kita tangkap itu selalu berubah-ubah. Jadi pengetahuan kita tentangnya juga selalu berubah-ubah. Bapak aliran ini adalah Hanry Bergson (1859-1941). Dengan menyadari keterbatasan indera dan akal, Bergson mengembangkan satu kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki manusia yaitu intuisi. Kemampuan ini mirip dengan instinct, tetapi berbeda dalam kesadaran dan kebebasannya. Yang mirip dengan aliran ini adalah iluminasionisme. Menurut Ahmad Tafsir, paham ini dalam Islam disebut dengan teori kasyf. Teori ini menyatakan bahwa manusia mempunyai kesanggupan (bagi hatinya yang bersih) untuk menerima pengetahuan yang langsung dari Tuhan. Kemampuan tersebut dapat diupayakan langsung melalui latihan, yang dalam islam disebut dengan suluk, secara lebih spesifik lagi riyadlah.
Perbedaan pokok dan dasar dari tiga teori epistimologi di atas adalah perbedaan antara teori empirisme dan teori rasionalisme. Empirisme umumnya dapat diidentikan dengan teori korespondensi dan rasionalisme dengan teori koherensi.
Waduh.... cape juga yah nulisnya (Mikirnya lebih cape...) dah malem lagi, mana besok kuliah pagi lagi. dah dulu yah...klo ada yang mau di tambahkan isi komen aja oke hehehehe....

No comments:

Post a Comment