Sunday, January 11, 2009

Statistika Untuk Penelitian

Ya....
Buku selanjutnya yang akan saka ulas disini adalah buku karangan dari Prof.Dr. Sugiyono yang sangat populer dan menjadi Best Seller yang berjudul "Statistik Untuk Penelitian". Saya bahas buku ini karena selain sangat populer dan menjadi Best Seller di setiap cetakannya, isi dari buku ini juga sangat komplit membahas mengenai metode penelitian dan juga statistik untuk penelitian.
selain itu juga, sering kali banyak mahasiswa yang sedang menyusun skripsi atau tesis kelabakan dalam mencari buku yang baik untuk panduan dalam metode penelitian dan juga mencari referensi untuk pengujian statistiknya.

Dalam buku "Statistik Untuk Penelitian" karangan Prof.Dr. Sugiyono ini saya rasa sudah cukup lengkap dalam menguraikan semua kebutuhan dalam melakukan penelelitian, terutama penelitian ilmiah seperti skripsi dan tesis. Sugiyono menyebutkan bahwa penelitian adalah cara ilmiah, berarti penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris dan sistematis. Rasional artinya kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal sehingga terjangkau oleh penalaran manusia. Empiris artinya cara-cara yang digunakan dalam penelitian itu teramati oleh indera manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara-cara yang akan digunakan . Sistematis artinya proses yang digunakan dalam penelitian itu menggunakan langkah-langkah tertentu yang bersifat logis.
Pada buku tersebut juga dijelaskan mengenai proses penelitian, terutama penelitia kuantitatif. Selain itu juga, dijelaskan mengenai statistik yang sering digunakan dalam melakukan penelitian kuantitatif. Statistik tersebut terbagi dalam dua macam, yaitu Statistik Deskriptif dan juga Statistik Inferensial, selanjutnya statistik inferensial itu sendiri dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu Statistik Parametris dan non parametris. Untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan dalam buku ini, berikut daftar pembahasan dari buku "Statistik Untuk Penelitian" karangan Prof.Dr. Sugiyono :
BAB I : Penelitian dan Statistik
BAB II : Statistik Deskriptif
BAB III : Populasi, Sampel dan Pengujian Normalitas Data
BAB IV : Konsep Dasar Pengujian Hipotesis
BAB V : Pengujian Hipotesis Deskriptif (Satu Sampel)
BAB VI : Pengujian Hipotesis Komparatif
BAB VII : Pengujian Hipotesis Asosiatif
BAB VIII : Analisis Regresi
BAB IX : Analisis Jalur (Path Analysis)
BAB X : Pemodelan Persamaan Struktural (Struktural Equation Model / SEM)
BAB XI : Statistik Untuk Pengujian Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian

Selain itu juga di lengkapi dengan berbagai macam lampiran tabel statistik dan contoh penyelesaiannya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca bukunya langsung Hehehe...

No comments:

Post a Comment