Sunday, January 25, 2009

Indonesia :: Sinetron Banget

Nah, ini dapat inspirasinya tadi pagi pas bangun tidur ku terus mandi tidak lupa menggosok gigi, tapi sebelum mandi ya biasa lah merenung dulu sambil ngeroko (ngerti lah lagi ngapain) ga usah di tulis itu mah yah... Biasa lah kalau lagi gitu kan suka merenung, memikirkan hal-hal yang tadinya ga terpikirkan. Mungkin ini salah satu dari hasil perenungan itu.
Pada tau kan gimana sinetron di Indonesia?Muter-muter padahal penonton sebenernya dah tau ceritanya mau kemana. Selain itu banyak banget kebeneran, contohnya lagi susah-susah kebeneran ketemu sama keluarganya atau kebeneran ketemu sama orang yang dikenal kadang-kadang kalu ceritanya percintaan kadang-kadang kebeneran sama orang yang dicintainya. Pokonya gitu lah sinetron kita mah, banyak kebeneran dan gampang banget di tebak ceritanya.

Nah, setelah di pikir-pikir dan direnung-renung pas lagi merenung (pabaliut nya?) ternyata Kisah Negara kita tercinta Indonesia ini juga mirip sinetron yah? Ya sebenernya ini cuma anekdot aja lah, karena mungkin kejadiannya juga sama seperti kisah sinetron di Indonesia yaitu banyak kebeneran dan gampang ditebak ceritanya. Dimana letak mirip sinetron nya? hayo dmana? tebak dulu dong, kan gampang nebaknya heheheh....
Pada hafal kan pancasila isinya apa? dilihat dari suku katanya kan panca itu artinya lima dan sila itu artinya dasar atau prinsip. Jadi Pancasila adalah lima prinsip dasar Negara Republik Indonesia, pada hafal juga kan isi dari pancasila? Ini isinya :
1. Ketuhanan yang maha esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Nah, trus apa hubungannya sama sinetron di Indonesia? Jadi gini, kan tadi dah disebutin kalau sinetron indonesia itu banyak banget kebenerannya. Nah disini juga kebetulan banget sama Presiden-presiden kita. Mungkin udah pada tau kan yah, jarang sekali presiden di Indonesia berhenti karena masa jabatannya habis. Nah, penyebabnya konon mirip dengan isi Pancasila itu isue nya. mari kita lihat satu-persatu :
1. Presiden Pertama kita : Ir. Soekarno
Konon, (maaf) ini setelah saya belajar sejarah, katanya lengser karena isue keagamaan. Mari kita lihat isi pancasila yang pertama yaitu ketuhanan yang maha esa. Kebetulan banget kan? Mari kita lihat selanjutnya.
2. Presiden kedua kita : Soeharto
Masih ingat mungkin di benak kita pada zaman orba?Banyak sekali pelanggaran HAM kan?Pada zaman ini jangan kan kita bersuara, batuk pun di tangkap (Istilahnya) hehehe...Mari kita lihat isi Pancasila yang kedua yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab. Nah kalau kesini, lengsernya presiden kedua kita ya gara-gara isue ini. Karena katanya tidak adil dan banyak sekali ketimpangannya.
3. Presiden ketiga kita : Bj. Habibie
Masih ingat kejadian yang menimpa pada masa ini? Ya betul, terjadinya perpecahan di negara kita, Timur-timur akhirnya memisahkan dari Repbulik Indonesia. Artinya apa? Beliau lengser karena tidak sesuai dengan sila ke tiga yaitu Persatuan Indonesia.
4. Presiden keempat kita : Gus Dur
Nah ini dia yang paling heboh ketika zamannya. Masih ingat kan karakter beliau seperti apa? di lihat dari pembicaraannya yang ceplas-ceplos, dan cenderung ga mau bermusyawarah. Karena ini lah beliau di lengserkan kembali dan ini sesuai dengan isi Pancasila yang ke empat yaitu Kerankyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
5. Presiden kelima kita : Ibu Megawati
Tentu saja masi fresh di ingatan kita apa yang terjadi pada era Ibu Mega ini. Ya, betul. Perjanjian penjualan gas di Sumatra, yang isi perjanjiannya salah satunya adalah harganya flat selama 20 Tahun. Wowwwww.... Sesuai kah dengan isi pancasila ke lima yaitu Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia? Karena kita tahu bahwa Negara kita sedang terpuruk, dan pasti semua rakyatnya merasa kesal dengan isi perjanjian itu. Maka Presiden kelima kita lengser karena sila ke lima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Ok, itu dulu mungkin. Kita lihat saja berikutnya ada apa lagi di Indonesia ini. Apakah masih ada kebetulan-kebetulan seperti di atas? kita tunggu aja. Maaf klo ada yang salah.

No comments:

Post a Comment