Sunday, January 18, 2009

Makro Atau Mikro Ekonomi

Sampai saat ini, di Indonesia belum jelas mengenai penerapan ekonominya, atau dengan kata lain setengah-setengah. sehingga yang terjadi adalah bubble economics (akan saya jelaskan pada posting berikutnya), kemudian apa yang seharusnya di terapkan??
Disini saya akan bahas satu per satu, apa yang sebaiknya di terapkan untuk :


1. Negara Maju
untuk negara maju, idealnya makro ekonomi di jalankan oleh negara dan mikro ekonomi dijalankan oleh private.
2. Negara Berkembang
untuk negara berkembang, makro ekonomi dijalankan oleh negara, tapi lebih pada fasilitator, motivator, dinamisator dan regulator, private yang akan mengembangkan aspek mikro ekonominya.
3. Negara Terbelakang
untuk negara terbelakang, makro dan mikro ekonomi di jalankan oleh negara sedangkan private perannya adalah sebagai kepanjangan tangan dari negara.

lalu untuk Indonesia ?
untuk Indonesia memang, makro dan mikro ekonomi masih menjadi tanggung jawab pemerintah, dan dunia usaha baik Badan Usaha Milik Negara / Daerah, Swasta merupakan peran dari private.
Jadi, sebenarnya makro ekonomi hanyalah tools untuk bisa menjalankan mikro ekonomi dengan baik. karena walau bagaimanapun makro ekonomi yang bagus seharusnya bisa meningkatkan juga mikro ekonominya (Mudah-mudahan ini bisa terjadi di negara kita tercinta ini).

No comments:

Post a Comment