Tuesday, January 27, 2009

Strategic Management

Malu juga nih posting Strategic Management ya terutama karena ini bukan bidang saya, jadi mohon dikoreksi aja klo ada salah-salah tulis (padahal yang salah itu bukan nulisnya, emang salah aja konsepnya hehehehe...). Tapi ga apa-apa lah, ya sekalian saya juga bisa belajar (kepaksa belajar tepatnya) dengan posting ini.
Saya paksakan dan mencoba menulis Strategic Management ini karena memang sangat penting sekali untuk dipelajari, terutama bagi kalangan dunia usaha atau bisnis. Selain itu bahasan-bahasan dari ilmu manajemen strategi ini sangat bagus sekali dan enak untuk dipelajari bagi mahasiswa-mahasiswa. Tapi disini saya akan menuliskan pengantar dari manajemen strateginya saja, karena dimaksudkan untuk membuka wawasan kita dulu dan juga untuk dijadikan pintu gerbang ke depannya ketika membahas bagian-bagian atau aplikasi dari manajemen strategi ini. Karena hanya pengantarnya saja, jadi saya tidak akan panjang lebar disini.

Baiklah mari kita mulai. Seperti biasa, saya akan mulai dari pengertiannya dulu. Jadi apa itu manajemen strategi? Manajemen Strategi adalah proses manajemen yang berulang dan berkesinambungan untuk menyesuaikan organisasi secara keseluruhan sesuai dengan lingkungan usaha. Biasanya, manajemen strategi ini mempunyai tahapan atau proses seperti berikut ini :
1. Analisis lingkungan
2. Penetapan Misi dan tujuan
3. Perumusan strategi
4. Implementasi strategi
5. Pengendalian strategi

Nah, sudah dapat dipastikan bahwa yang paling susah dari tahapan diatas adalah pada tahapan implementasi strategi. Karena biasanya pada tahapan mulai dari analisis lingkungan sampai pada perumusan strategi relatif lebih mudah untuk dilakukan. Selain itu, pada tahapan implementasi ini sering kali kita menemukan hal-hal yang tidak bisa kita prediksi sebelumnya. Oleh karena itu, dalam melakukan perumusan strategi sebaiknya kita mempunyai beberapa alternatif untuk bisa
mengatasi masalah-masalah yang tidak bisa kita duga sebelumnya.
Ya sudah lah, jangan terlalu banyak-banyak yah. Namanya juga cuma pengantar doang. Untuk ke depannya saya akan bahas satu per satu mengenai bagian dan aplikasi dari ilmu manajemen strategi ini, dijamin asik deh. Jadi pada sabar yah menunggu postingan saya berikutnya mengenai manajemen strategi ini (PD aja lagi...) hehehehe...

No comments:

Post a Comment