Wednesday, January 14, 2009

Manajemen Operasi

Topik selanjutnya yang akan saya bahas adalah tentang manajemen operasi, dimana salah satu pengertian manajemen operasi adalah "Salah satu fungsi manajemen yang membuat rencana dan melakukan pengendalian sistem produksi serta kegiatan sistem interface dengan fungsi lain di dalam organisasi dan lingkungan organisasi". Jadi, secara tidak langsung keyword untuk manajemen operasi ini adalah Decision Making terutama dalam bidang Proses, kualitas, kapasitas dan persediaan.
Banyak sekali bahasan dari manajemen operasi ini, sehingga nanti pada posting berikutnya saya akan bahas satu-persatu. Jadi ini hanya pengantar untuk pembahasan selanjutnya mengenai manajemen operasi. Kemudian buku yang akan saya ulas dari materi manajemen operasi ini adalah buku yang berjudul "Operations Management Contemporary Concepts and Cases 3rd Edition" karangan Roger G. Schroeder dan terbitan dari McGraw Hill International. Karena dalam buku ini pembahasannya lebih mendetail dan juga lengkap sehingga banyak sekali dijadikan buku wajib untuk mata kuliah Manajemen Operasi. Pembahasan dari buku ini secara garis besarnya adalah :


* The Operations Function
* Operations and Supply Chain Strategy
* Product Design
* Process Design
* Quality
* Capacity and Scheduling
* Inventory

Sehingga dengan menggunakan buku ini, lengkap sudah pembahasan mengenai Manajemen Operasi. Untuk itu, kedepannya saya akan membahas mengenai bahasan yang ada dalam buku tersebut. Karena menurut saya, Manajemen Operasi adalah suatu bahasan yang sangat menarik dan mengasikkan untuk kita ulas. Selain itu juga, saya harapkan komentarnya dan juga bisa request bahasan mana dulu yang ingin di bahas dari topik-topik yang ada diatas dengan memberikan comment pada postingan saya ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat, terima kasih.

No comments:

Post a Comment